Hakim-hakim 1:35
1:35 dan orang Amori itu berkeras untuk tetap diam di Har-Heres,
di Ayalon
dan di Saalbim,
walaupun mereka mendapat tekanan berat dari keturunan Yusuf, sebab mereka menjadi orang rodi.
Hakim-hakim 6:15
6:15 Tetapi jawabnya kepada-Nya: "Ah Tuhanku, dengan apakah akan kuselamatkan orang Israel? Ketahuilah, kaumku
adalah yang paling kecil di antara suku Manasye dan akupun seorang yang paling muda di antara kaum keluargaku.
"
Hakim-hakim 8:27
8:27 Kemudian Gideon membuat efod
1 dari semuanya itu dan menempatkannya di kotanya, di Ofra.
Di sanalah orang Israel berlaku serong dengan menyembah efod itu; inilah yang menjadi jerat
bagi Gideon dan seisi rumahnya.
Hakim-hakim 8:35--9:1
8:35 juga tidak menunjukkan terima kasihnya kepada keturunan Yerubaal
-Gideon seimbang dengan segala yang baik yang telah dilakukannya kepada orang Israel.
Abimelekh menjadi raja di Sikhem
9:1 Adapun Abimelekh
bin Yerubaal
pergi ke Sikhem kepada saudara-saudara ibunya dan berkata kepada mereka dan kepada seluruh kaum dari pihak keluarga ibunya:
Hakim-hakim 9:4
9:4 Sesudah itu mereka memberikan kepadanya tujuh puluh uang perak dari kuil Baal-Berit,
lalu Abimelekh memberi perak itu sebagai upah kepada petualang-petualang
dan orang-orang nekat supaya mengikuti dia.
Hakim-hakim 9:6
9:6 Kemudian berkumpullah seluruh warga kota Sikhem dan seluruh Bet-Milo;
mereka pergi menobatkan Abimelekh menjadi raja dekat pohon tarbantin
di tugu peringatan yang di Sikhem.
Hakim-hakim 9:19
9:19 jadi jika kamu pada hari ini
berlaku setia dan tulus ikhlas kepada Yerubaal dan keturunannya, maka silakanlah kamu bersukacita atas Abimelekh dan silakanlah ia bersukacita atas kamu.
Hakim-hakim 9:27
9:27 jadi pergilah mereka ke ladang; mereka mengumpulkan hasil kebun anggur mereka, dan mengirik memerasnya,
lalu mengadakan perayaan. Mereka masuk ke kuil allah
mereka dan makan minum sambil mengutuki Abimelekh.
Hakim-hakim 10:9
10:9 Dan bani Amonpun menyeberangi sungai Yordan untuk berperang melawan suku Yehuda,
suku Benyamin dan keturunan Efraim,
sehingga orang Israel sangat terdesak.
Hakim-hakim 11:7
11:7 Tetapi kata Yefta kepada para tua-tua Gilead itu: "Bukankah kamu sendiri membenci aku dan mengusir aku dari keluargaku?
Mengapa kamu datang sekarang kepadaku, pada waktu kamu terdesak?"
Hakim-hakim 11:31
11:31 maka apa yang keluar dari pintu rumahku untuk menemui aku, pada waktu aku kembali dengan selamat dari bani Amon, itu akan menjadi kepunyaan TUHAN, dan aku akan mempersembahkannya sebagai korban bakaran.
"
Hakim-hakim 16:21
16:21 Orang Filistin
itu menangkap dia, mencungkil kedua matanya
dan membawanya ke Gaza.
Di situ ia dibelenggu dengan dua rantai tembaga dan pekerjaannya di penjara ialah menggiling.
Hakim-hakim 16:26-27
16:26 Berkatalah Simson kepada anak yang menuntun dia: "Lepaskan aku dan biarkanlah aku meraba-raba tiang-tiang penyangga rumah ini, supaya aku dapat bersandar padanya."
16:27 Adapun gedung itu penuh dengan laki-laki dan perempuan; segala raja kota orang Filistin ada di sana, dan di atas sotoh
ada kira-kira tiga ribu orang laki-laki dan perempuan, yang menonton lawak Simson itu.
Hakim-hakim 16:29
16:29 Kemudian Simson merangkul kedua tiang yang paling tengah, penyangga rumah itu, lalu bertopang kepada tiang yang satu dengan tangan kanannya dan kepada tiang yang lain dengan tangan kirinya.
Hakim-hakim 17:4-5
17:4 Tetapi orang itu mengembalikan uang itu kepada ibunya, lalu perempuan itu mengambil dua ratus uang perak dan memberikannya kepada tukang perak, yang membuat patung pahatan dan patung tuangan
dari pada uang itu; lalu patung itu ditaruh di rumah Mikha.
17:5 Mikha ini mempunyai kuil
3 .
Dibuatnyalah efod
dan terafim,
ditahbiskannya
salah seorang anaknya laki-laki, yang menjadi imamnya.
Hakim-hakim 17:8
17:8 Lalu orang itu keluar dari kota Betlehem-Yehuda untuk menetap sebagai pendatang di mana saja ia mendapat tempat; dan dalam perjalanannya itu sampailah ia ke pegunungan Efraim di rumah Mikha.
Hakim-hakim 18:18
18:18 Tetapi, setelah yang lain-lain itu masuk ke dalam rumah Mikha dan mengambil
patung pahatan, efod, terafim
dan patung tuangan itu, berkatalah imam itu kepada mereka: "Berbuat apakah kamu ini?"
Hakim-hakim 18:25-26
18:25 Berkatalah bani Dan kepadanya: "Janganlah suaramu kedengaran lagi kepada kami, nanti ada orang yang menyerang engkau karena sakit hati dan dengan demikian engkau serta seisi rumahmu kehilangan nyawa."
18:26 Lalu bani Dan melanjutkan perjalanannya, dan Mikha, setelah dilihatnya mereka itu lebih kuat dari padanya,
berpalinglah ia pulang ke rumahnya.
Hakim-hakim 18:31
18:31 Demikianlah mereka menempatkan bagi mereka sendiri patung pahatan yang telah dibuat
Mikha itu, dan patung itu ada di sana selama rumah Allah
ada di Silo.
Hakim-hakim 19:2
19:2 Tetapi gundiknya itu berlaku serong terhadap dia dan pergi dari padanya ke rumah ayahnya di Betlehem-Yehuda, lalu tinggal di sana empat bulan lamanya.
Hakim-hakim 19:15
19:15 Sebab itu singgahlah mereka di Gibea, lalu masuk untuk bermalam
di situ, dan setelah sampai, duduklah mereka di tanah lapang
kota. Tetapi tidak ada seorangpun yang mengajak mereka ke rumah untuk bermalam.
Hakim-hakim 19:26
19:26 Menjelang pagi perempuan itu datang kembali, tetapi ia jatuh rebah di depan pintu rumah orang itu, tempat tuannya bermalam, dan ia tergeletak di sana sampai fajar.
Hakim-hakim 19:29
19:29 Sesampai di rumah, diambilnyalah pisau,
dipegangnyalah mayat gundiknya, dipotong-potongnya menurut tulang-tulangnya menjadi dua belas potongan, lalu dikirimnya ke seluruh daerah orang Israel.
Hakim-hakim 20:5
20:5 Lalu warga-warga kota Gibea itu mendatangi aku dan mengepung rumah itu pada malam hari untuk menyerang aku. Mereka bermaksud membunuh
aku, tetapi gundikku diperkosa mereka, sehingga mati.
Hakim-hakim 20:8
20:8 Kemudian bangunlah seluruh bangsa itu dengan serentak, sambil berkata: "Seorangpun dari pada kita takkan pergi ke kemahnya, seorangpun dari pada kita takkan pulang ke rumahnya.
1 Full Life: MEMBUAT EFOD.
Nas : Hak 8:27
Efod ini mungkin merupakan tiruan dari jubah luar yang dipakai imam
besar ketika melayani Allah
(lihat cat. --> Kel 28:6).
[atau ref. Kel 28:6]
Gideon mungkin membuat efod ini dengan tujuan baik, selaku suatu peringatan
akan keberhasilan Israel dalam pekerjaan Allah. Akan tetapi, efod itu tidak
disahkan oleh Allah dan menjadi objek pemujaan, dengan memuliakan Gideon
dan prestasi Israel; tindakan penyembahan berhala ini mengakibatkan bencana
rohani bagi bangsa itu dan rumah tangga Gideon. Kita dapat belajar dari
kesalahan tragis Gideon ini bahwa:
- 1) Mengangkat dan memuliakan gereja, lembaga, atau pemimpin manusiawi
yang memiliki kharisma khusus akan mengakibatkan kemunduran rohani dan
kematian.
- 2) Ketika merencanakan untuk melakukan sesuatu bagi Allah, kita harus
berdoa memohon hikmat untuk dapat melihat dari semula dampak-dampak yang
mungkin terjadi yang akhirnya dapat merugikan kerajaan Allah.
2 Full Life: ABIMELEKH ... MEMBUNUH SAUDARA-SAUDARANYA ... TUJUH PULUH ORANG.
Nas : Hak 9:4-5
Tragedi besar yang terjadi dalam keluarga Gideon ini disebabkan oleh
poligaminya (Hak 8:30-31). Gundiknya di Sikhem telah melahirkan
Abimelekh yang kemudian membunuh tujuh puluh saudaranya. Gideon memiliki
kemampuan memimpin di medan peperangan, tetapi bukan di rumah tangga.
Allah, sebaliknya, sangat mementingkan keluarga. Di bawah perjanjian yang
baru Ia memerintahkan agar jangan mengangkat seorang menjadi penilik jemaat
apabila ia tidak bisa mengatur keluarganya dengan baik (1Tim 3:1-5)
3 Full Life: KUIL.
Nas : Hak 17:5
Karena Mikha tidak tunduk kepada kekuasaan dari penyataan Allah yang
diilhamkan dan tertulis dan diberikan melalui Musa, ia menipu dirinya
sendiri dan melakukan apa yang benar menurut pandangannya sendiri (ayat
Hak 17:6; bd. Ul 11:18-25; Yos 1:5-8). Ia menipu dirinya sampai
percaya bahwa ia dapat menerima berkat Allah (ayat Hak 17:13) dan pada
saat bersamaan melanggar semua perintah Alkitab yang jelas. Dosa-dosanya
meliputi mencuri (ayat Hak 17:2), menyembah berhala (ayat
Hak 17:3-5), tidak menaati perintah-perintah Allah (ayat Hak 17:6),
dan mengangkat anaknya sendiri sebagai imam (ayat Hak 17:5-13;
Bil 16:17; Ul 21:5; bd. 2Tim 4:3). Pemahaman yang benar dan
pertimbangan moral yang sehat hilang di Israel ketika bangsa itu
meninggalkan perjanjian Allah.